Berikut Beberapa Dokter Spesialis Ortodonsia di Jakarta Barat Rekomendasi untuk Anda

dokter spesialis ortodonsia

Ortodonsia adalah ilmu kedokteran yang bertujuan untuk meratakan ataupun membetulkan letak gigi-gigi manusia. Ortodonsia sendiri berasal dari bahasa Yunani , orthos yang berarti baik atau betul serta dons yang berarti gigi. Jadi dapat kita ketahui bahwa ortodonsia adalah ilmu kedokteran yang bertujuan untuk memperbaiki serta membetulkan letak-letak gigi yang posisinya kurang baik serta tidak rata. Dibawah ini adalah beberapa dokter spesialis ortodonsia di Jakarta Barat .

Keadaan gigi yang demikian tidak teratur disebabkan oleh adanya malposisi gigi yaitu kesalahan posisi gigi di masing-masing rahang. Malposisi ini akan menyebabkan adanya malrelasi yaitu adanya kesalahan hubungan antara gigi pada rahang yang berbeda. Lebih lanjut, keadaan malreasi ini akan menyebabkan maloklusi, yaitu peyimpangan terhadap oklusi normal. Maloklusi sendiri dapat terjadi karena adanya kelainan terhadap gigi atau dental, tulang rahang atau skeletal, atau kombinasi gigi dan rahang, maupun karena kelainan otot-otot pengunyahan.

Tujuan utama dari ortodonsia adalah:

Mencegah terjadinya keadaan tidak normal dari bentuk muka yang diakibatkan kelainan pada rahang serta gigi.
Terjadinya cacat muka yang diakibatkan oleh adanya kelainan radang serta susunan gigi yang tidak teratur akan mengakibatkan terjadinya bentuk muka yang kurang harmonis dan faktor estetis yang kurang. Dengan hal demikian akan menyebabkan pertumbuhan mental yang kurang sehat seperti hilangnya kepercayaan diri serta rasa malu.

Meningkatkan fungsi pengunyahan.
Jika susunan gigi baik, seimbang, serta stabil akan menciptakan pengunyahan yang betul serta efisien. Begitupula dengan rahang. Pada gigi-gigi yang kurang teratur atau pada lengkungan gigi yang sempit akan mengakibatkan pergerakan lidah yang tidak bebas dan mengakibatkan terjadi penelanan yang salah serta keadaan ini dapat menimbulkan kelainan-kelainan lain yang lebih lanjut.

Mempertinggi daya tahan gigi.
Semakin gigi-gigi tidak teratur, maka kesempatan tertinggalnya sisa-sisa makanan pada permukaan gigi serta self sleansing dari gigi menjadi tidak maksimal. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh karbohidrat serta lactobacillus di dalam sisa-sisa makanan akan diubah menjadi asam laktat yang akan melarutkan kalsium yang berasal dari email serta dentil gigi. Hal ini lah yang menyebabkan terjadinya karies gigi. Dengan adanya pembetulan letak gigi menjadi teratur dapat mempertinggi daya tahan gigi menghadapi karies.

Menghindari kerusakan gigi terhadap periodontal.
Gigi yang letaknya tidak baik serta tidak teratur akan menyulitkan kita dalam menjaga kebersihan gigi. Dengan keadaan ini, selain ancaman karies pada gigi, ancaman timbulnya periodontal juga tidak dapat dihindari. Selain periodontal, ancaman oklusi traumatik juga mengancam yang mana nanti akan memperparah penyakit periodontal yang ada.

Menghilangkan adanya kebiasaan buruk yang menimbulkan kelainan yang lebih berat.
Menggigit pensil, kuku, serta ibu jari, menghisap bibir, atau mendorong lidah ke gigi depan merupakan kebiasaan buruk yang dapat berpengaruh ke gigi. Kebiasaan-kebiasaan ini dapat menimbulkan masalah baru atau bahkan dapat memperberat kelainan yang sudah ada. Perawatan ortondik adalah salah satu cara agar kebiasaan buruk ini dapat dihambat atau justru dapat dihilangkan juga.

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke dokter ortodonsia, Anda tidak perlu khawatir. Untuk Anda yang berada di wilayah Jakarta Barat khususnya, dibawah ini adalah dokter spesialis ortodonsia di Jakarta Barat, yaitu:

drg. Julies Hariani Sugiaman, Sp,Ort.
Lokasi praktik : Klinik Shiny Teeth n Me, Cengkareng, Jakarta Barat.
Jam praktik : Sabtu 13.00-17.00.
Drg. Raden Norman Wachyudi, Sp.Ort.
Lokasi praktik : RSIA Hermina Daan Mogot, Cengkareng.
Jam praktik : Selasa 10.00-13.00. Kamis 16.00-18.00.
Berikut Beberapa Dokter Spesialis Ortodonsia di Jakarta Barat Rekomendasi untuk Anda Berikut Beberapa Dokter Spesialis Ortodonsia di Jakarta Barat Rekomendasi untuk Anda Reviewed by Erna Wati on January 08, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.