Terkenal Sulit Ditangakarkan, Warga Ciamis Berhasil Ternak Hwambei Wambi

Hwambei Wambi

Ternak burung di Indonesia, memang merupakan sebuah usaha yang cukup marak dan banyak digeluti oleh masyarakat. 

Apabila anda ingin mengetahui salah satu peternak burung yang sukses, mari kita menuju Ciamis tepatnya pada Dusun Handapherang. Dengan berbagai burung endemik Indoneisa, peternak burung Ciamis pun berhasil tangkar Hwambei Wambi. 

Lantas, jenis burung apa itu ?
Penangkaran Ciamis Sukses Tangkar Burung Asal China

Jika kita beralih menuju Ciamis, kita akan menemukan seorang peternak burung yang terbilang sukses. Peternak burung itu bernama Udung Abdulah, seorang warga Dusun Handapherang Desa Handapherang. 

Bahkan tidak hanya berhasil beternak burung endemik Indonesia, Udung berhasil beternak burung jenis luar negeri, 

Dilansir dari portal berita https://www.harapanrakyat.com/, Udung mengaku telah mengajani usaha ini hampir 7 tahun lamanya. Usaha ternak ini berawal dari sebuah hobi yang semakin membuahkan keuntungan dengan nilai ekonomi tinggi. 

Seluruh burung endemik Indonesia seperti burung murai, burung cucak ijo, atau burung kacer pun berhasil ditangkarkan dengan baik. 

Dari banyaknya burung dalam maupun luar negeri yang ditangkarkan oleh Udung, salah satu yang unik adalah ia berhasil menangkarkan Hwambei Wambi. 

Padahal burung asal China itu, cukup terkenal menjadi burung yang paling sulit untuk ditangkarkan. Dan beberapa puluh peternak pun mencoba untuk menangkarkannya, meskipun jarang yang berhasil melakukannya. 

Namun Udung seolah membuktikan asumsi tersebut salah, nyatanya ia berhasil menangkarkan burung asal China dengan baik dan lancar. 

Menurut mitos, burung asal China ini sangat sulit diternakkan karena selalu mandul. Sehingga burung tidak akan pernah, atau sangat jarang untuk bertelur. 

Usaha Menangkarkan Wambi
Memang usaha untuk menangkarkan burung Wambi ini tidak semudah burung endemik lainnya, bahkan membutuhkan kesabaran dan usaha yang berkelanjutan. Ketika awal menangkarkan Hwambe pun, Udung mengalami permasalahan. Namun dalam jangka waktu 2 tahun, ia berhasil menangkarkan burung Wambi  bahkan hingga memiliki 4 pasang indukan. 

Meskipun melalui proses yang cukup sulit, namun Udung tidak menyerah dan memang hasilnya pun tidak mengkhianati. 4 pasang indukan yang dimiliki oleh Udung, telah 8 kali menghasilkan anakan. Dari usaha Udung ini, seolang membuktikkan bahwa burung Wambi akan mandul jika ditangkarkan. 

Tentu keberhasilan menangkarkan burung asal China ini patut diapresiasi, pasalnya tidak banyak yang berhasil menangkarkan Hwambei Wambi dalam kurun waktu 2 tahun. 

Dari keberhasilannya menangkarkan beberapa burung Indonesia maupun jenis luar negeri, membuatnya dilirik para penghobi burung dari Ciamis maupun luar Ciamis. 

Keuntungan yang didapatkan pun cukup tinggi, untuk anakan murai dihargai sekitar Rp 1.5 juta rupiah hingga Rp 2 juta. Tentunya tinggi rendahnya harga, dipengaruhi dengan umur dari burung murai tersebut. 

Sedangkan untuk burung asal China ini, diberikan harga sekitar Rp 11 juta rupiah untuk satu pasang anakan umur 2 bulan. 

Pesanan Burung Endemik Cukup Tinggi
Umumnya harga Wambil memang cukup mahal, hal ini dilihat dari sulitnya menangkar burung endemik China ini. Apalagi untuk mendapatkan satu anakannya saja, membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Sehingga wajar jika satu ekor anakan Wambi, diberikan harga yang cukup mahal. Namun dengan harga mahal tersebut, seluruh kesehatan dan kualitas dari anakn Wambil sudah terjamin. 

Setiap burung endemik yang ada pada penangkaran Udung, dipelihara dengan sangat baik sehingga jauh dari penyakit atau hal tidak baik lainnya. 

Kualitasnya yang baik, membuat peminat dan pesanan pun semakin meningkat. Dari banyaknya pesanan yang masuk, Udung mengaku cukup kewalahan. 

Sehingga caranya agar mampu mengorganisir permintaan adalah, dengan memesan terlebih dahulu. Dengan begitu, Udung dapat menyiapkan anakan yang sesuai dengan pesanan. Usaha penangkaran burung ini memang memiliki banyak keuntungan, apalagi melihat pecinta burung endemik di Indonesia cukup tinggi. 

Meskipun memiliki keuntungan yang tinggi, namun dalam menggeluti bisnis ini diperlukan usaha yang tinggi pula. 

Apalagi jika berniat untuk menangkarkan burung Hwambei Wambi, burung asal China yang terkenal sebagai burung yang sulit untuk ditangkarkan. Dengan usaha yang giat, tentu hasil akhir pun tidak akan mengkhianati proses. 

Banyaknya pecinta burung endemik di Indonesia, membuat usaha penangkaran burung pun memiliki potensi yang cukup tinggi. 

Namun tentunya bisnis pengangkaran ini, tidak bisa dilakukan tanpa perawatan dan pengelolaan yang baik. Apalagi jika anda ingin menangkarkan burung Wambi asal China, teruslah berusaha dan memberikan perawatan terbaik. 
Terkenal Sulit Ditangakarkan, Warga Ciamis Berhasil Ternak Hwambei Wambi Terkenal Sulit Ditangakarkan, Warga Ciamis Berhasil Ternak Hwambei Wambi Reviewed by Erna Wati on November 25, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.